Pages

Senin, 12 Juli 2010

Partisi Hard Disk External dengan Disk Utility


Disk UtilityTutorial berikut ini akan menunjukkan bagaimana cara mempartisi Hard Disk External menggunakan aplikasi default Mac OS X yaitu Disk Utility yang dapat Anda temukan pada folder /Applications/Utilities.

Perhatian! Pastikan Anda telah membackup isi Hard Disk Anda apabila HD tersebut berisi data penting.
Disk 
Utility #01
Jalankan Disk Utility. Dan di kolom sebelah kiri akan tampil sederetan HD beserta partisi yang ada pada sistem Anda. Pilihlah HD External Anda dengan cara mengklik iconnya lalu pilih menu Partitions yang tertera pada bagian atas.
Lalu, pilih skema partisi Hard Disk yang Anda inginkan pada pilihan Volume Scheme. Dalam contoh ini, kita akan mempartisi HD menjadi dua buah partisi.
HD Anda akan terpartisi menjadi dua buah. Untuk mengubah ukuran masing-masing partisi, Anda dapat menggeser dua buah kolom partisi tersebut keatas ataupun kebawah.
Untuk Anda yang juga bekerja di lingkungan Windows dan menginginkan salah satu partisi agar dapat digunakan di Windows, maka pilih opsi MS-DOS dari pilihan Format.
Pilihan Jenis Partisi
Kemudian, tekan tombol Options. Dan akan tampil 3 (tiga) pilihan jenis partisi untuk HD Anda tersebut. Bagi Anda yang menggunakan Mac-Intel, pilih GUID Partition Table. Anda yang menggunakan Mac-PowerPC, silakan pilih Apple Partition Map. Sedangkan Anda yang ingin HD tersebut dapat digunakan di Windows, pilihlah Master Boot Record.
Apabila Anda sudah siap mempartisinya, tekan tombol Apply. Lalu Disk Utility akan memberikan konfirmasi terakhir dan pilih Partition untuk memulai proses partisi.

0 komentar:

Posting Komentar

Kalimat motivasi membangun kekuatan keyakinan dan semangat

  • Ucapanmu adalah menggambarkan nilai dan kualitas dari dirimu, maka "buatlah lidahmu semanis madu dan se-segar air pegunungan
  • Tatapan matamu menggambarkan keberanian,kejujuran,dan ke-ikhlasan-mu menghadapi segala hal, maka "buatlah matamu se-tenang dan sedalam lautan yang luas yang dengan tenang menampung semua yang ada di langit dan di bumi yang di alirkan kepadanya
" ...Read more...

Powered By Blogger
 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com